Tips Kesehatan: Menurunkan Berat Badan Secara Bijaksana

Menurunkan Berat Badan Secara Bijaksana
Makan berpantang bukannya hal yang baru lagi bagi kebanyakan orang yang kelebihan berat badan. Mereka sudah beberapa kali mencobanya. Ada yang menjadi gusar mendengar ejekan sahabat-sahabat mereka sehingga mereka tidak mau makan sama sekali selama waktu yang singkat, tetapi kembali pula pada kebiasaan makan berlebih-lebihan seperi semula.
Satu-satunya jalan untuk memecahkannya adalah cara hidup baru yang berbeda sama-sekali, seperti langkah-langkah berikut :

Batasi banyaknya makanan. Teruskanlah dengan makanan yang seimbang tetapi kurangi segala makanan yang mewah yang sangat anda sukai. Makanan seperti itu banyak mengandung kalori. Anda dapat hidup sehat tanpa itu. Tetapi jangan lupa masukkan cukup banyak kentang dan biji-bijian yang masih berkulit ari di dalam makanan anda. Jangan lupa untuk menghindari semua makanan yang mengandung lemak, seperti es krim, kue-kue yang mewah, dan segala macam gula-gula.

Berhati-hatilah dengan sisa makanan. Banyak ibu menambah berat badan mereka sebab mereka tidak suka melihat makanan di buang-buang. Jauh lebih baik mengurangi makanan yang di sediakan dan menghindarkan persoalan sisa makanan.

Hentikan makan di antara waktu makan. Latihlah untuk meniadakan makanan yang tidak perlu. Lambat-laun anda akan menikmati cara hidup dengan makanan yang di kurangi, dan anda akan heran melihat betapa sehat perasaan badan anda.

Gerak badan yang teratur. Geraklah badan yang teratur setiap hari, maka akan mengurangi kalori tambahan. Gerak badan yang terbaik adalah gerak jalan. Menggerakkan otot-otot tungkai yang besar itu akan menolong membakar lebih banyak kalori yang tidak di perlukan.

Hindarkan makanan yang mewah. Segala gula-gula yang berlebihan mengandung banyak kalori tetapi kurang dalam nilai makanan. Kebiasaan yang terbaik adalah meninggalkan meja makan sementara anda masih lapar.

Ingat, makan dengan teratur penting sekali. Makanan harus dikurangi sedikit, disediakan baik-baik, dan diatur dengan menarik sekali di meja makan. Tidak ada alasan untuk menikmati makanan, meskipun sekarang makanan kurang dari biasanya. Lambat-laun anda akan belajar makan sedikit dan lebih menikmatinya.

Jangan tahan lapar lama-lama. Makan dengan teratur tetapi dengan ukuran adalah jalan yang terbaik untuk mengurangi berat badan.

Jangan lupa makan pagi. Hal ini akan menolong anda dalam pekerjaan sepanjang hari, dan anda akan terhindar dari pencobaan untuk makan gula-gula dan jajan di antara waktu makan.

Makanlah lebih banyak makanan ini, slada, sayur-sayuran hijau, tomat dan wortel. Semuanya mengandung sedikit kalori, tetapi banyak vitamin dan mineral dan mempunyai nilai makanan yang baik. Makanan seperti ini dapat juga di gunakan untuk menghindarkan perasaan lapar di antara waktu makan, jika anda terpaksa makan sesuatu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: