Batuk Pilek

Batuk Pilek:

mengenai bayi pilek, dulu sih pernah dibahas mengenai sedot/isep ingus pada bayi dan hal ini tidak dianjurkan karena si orang tua beresiko mentransfer kuman/virus dari mulutnya ke mulut si bayi….nanti malah nularin penyakit ke anak. saya kurang tahu apakah hal ini juga bisa terjadi walau kita menggunakan alat sedot.

tapi ada cara lain, yaitu dengan mengencerkan ingus di hidungnya menggunakan cairan NaCL. NaCL ini nama generiknya dan bisa dibeli di apotik2….tapi kalau tidak nemu, bisa juga yang ada merknya yg kandungannya NaCL, salah satunya breathy. cara penggunaannya mudah, tinggal teteskan saja ke lubang hidungnya….kalau saya sih biasanya 2-3 tetes setiap lubang hidung. selain

itu mungkin bisa juga ditambah dengan balsem untuk bayi di lehernya.

—–
tentang ryzen ini walaupun tertulis tidak dianjurkan < 2 tahun tapi sebenernya berdasarkan penelitian terbaru boleh untuk anak mulai usia 6 bulan dengan indikasi tertentu. yang harus diperhatikan adalah indikasi yang bener buat pemakaian ryzen tersebut lantaran sebagai obat ada efek samping dan secara resmi ga dianjurkan (bukannya tidak boleh) buat usia < 2 tahun.
perlu diketahui, pilek terus menerus bukan pasti alergi, bisa juga pingpong fenomena dan memang ada 4% yang common cold kurang > 2 minggu (seminar batuk). untuk tahu itu alergi atau bukan harus dipelajari baik-baik.

—–
Penggunaan nebuliser untuk batuk-pilek menurut saya berlebihan yah. Kalau gak salah penggunaan nebuliser itu tepatnya untuk anak yang menderita asma dan diagnosa asma sendiri baru bisa ditegakkan ketika anak usia 3 tahun.

Bila anak alergi, tatalaksana utamanya adalah menghindari pencetusnya…..mungkin anaknya alergi dengan udara dingin? bila demikian,coba hindari penggunaan AC, diganti dengan kipas angin atau suhunya jangan terlalu dingin. kalau anak saya lagi pilek, selain saya beri NaCL, terkadang saya siapin tisu yg sudah ditetesin minyak kayu putih, lalu ditaro dekat bantalnya atau sedia baskom air panas yg sudah dicampur dengan transpulmin. baskom air juga gunanya melembabkan udara, krn udara kering lebih mudah mencetus batuk.

sumber: milis SEHAT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: