Rahasia dibalik sebuah sentuhan

Jakarta, Pelukan dari seseorang yang dicintai bisa menurunkan tekanan darah serta membuat orang merasa dihargai dan penting. Sedangkan jabat tangan bisa menjadi awal suatu hubungan. Lalu bagaimana dengan arti sentuhan yang dirasakan kulit?

Sentuhan selalu berhubungan dengan organ kulit, setidaknya kulit memiliki sekitar 5 juta saraf sensorik. Meskipun seseorang juga bisa merasakan nyeri dan tekanan di dalam tubuh, tapi sebagian besar rasa sentuhan berasal dari rangsangan eksternal melalui kulit.
Seperti dikutip dari Howstuffworks, Selasa (8/12/2009) ada beberapa sensasi yang bisa dirasakan seseorang melalui sebuah sentuhan, yaitu:

  1. Keakraban. Orang yang mendapatkan sentuhan dari seseorang yang peduli dengan dirinya akan menimbulkan rasa hangat dan nyaman. Sensor-sensor tekanan tersebut akan menafsirkan sentuhan itu sebagai suatu hal yang menenangkan.
  2. Penyembuhan atau terapi. Sentuhan jenis ini biasanya berhubungan dengan pijat atau akupuntur. Terkadang tekanan lembut yang diberikan bisa menghilangkan nyeri di otot sehingga tubuh merasa lebih santai.
  3. Eksplorasi atau keingintahuan. Banyak hal yang bisa dipelajari melalui indera peraba seperti menguji kain atau benda dengan merasakan tekstur yang berbeda. Karenanya sentuhan bisa digunakan untuk mencari atau mengeksplorasi sesuatu.
  4. Agresif atau menyakitkan. Terkadang sentuhan yang diberikan bisa memberikan rasa sakit jika dilakukan pada tempat yang salah atau terlalu dalam memberikan tekanan.

Ketika sebuah sentuhan terjadi, sensor dikulit akan terangsang dan mengirimkan sinyal elektronik ke neuron yaitu sel-sel khusus yang mengirimkan kembali impuls elektrokimia. Neuron inilah yang akan bertindak memancarkan kembali denyut listrik tersebut dari neuron ke neuron hingga mencapai sumsum tulang belakang.

Organ sumsum tulang belakang inilah yang menyerap sinyal masuk dan mengirimnya ke otak. Setelah menerima sinyal dari saraf tulang belakang, maka otak mulai menerjemahkan sinyal tersebut. Misalnya jika ada sesuatu yang dingin menyentuh kulit, maka reseptor dingin di otak akan diaktifkan dan memberikan respons menggigil.
Jika sudah mengetahui apa saja sensasi yang ditimbulkan oleh sebuah sentuhan, maka sensasi apa yang biasa Anda rasakan? (sumber : detik.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: