OLAH RAGA MEMBANTU MENURUNKAN TEKANAN DARAH TINGGI

OLAH RAGA MEMBANTU MENURUNKAN TEKANAN DARAH TINGGI: “

Bila ingin mencegah dan mengontrol tekanan darah tinggi, melakukan olah raga secara teratur adalah salah satu caranya, bahkan bisa untuk mencegah kenaikan berat badan.

Selain itu, olah raga juga akan memberikan beberapa keuntungan, seperti : kesehatan fisik dan mental, lebih banyak tenaga, stamina, kekuatan dan kelenturan, serta merupakan salah satu jalan untuk mengurangi stress.

Kadang-kadang kita beranggapan bahwa untuk mendapatkan tubuh sehat, kita tidak perlu melakukan sesuatu. Salah satu contoh yang paling sederhana dan tidak membutuhkan peralatan dan pakaian khusus, yaitu berjalan, yang ternyata memberikan kita sehat ditempat kerja dan dapat menyenangkan semua orang baik dari segi umur, bentuk tubuh dan kebugaran.

Apapun olah raga yang dipilih hendaknya :

1. Merupakan kesenangan dan akan tetap dilakukan secara teratur. Hal itu merupakan salah satu yang membuat tubuh merasa sehat sewaktu bekerja dan merupakan komitmen bersama keluarga.

2. Mulailah dengan perlahan dan selanjutnya mulai meningkatkan se cara bertahap

3. Periksa kesehatan diri secara teratur ke dokter atau klinik yang ada, bila ada masalah dapat terdeteksi secara dini.

Stress

Banyak orang secara langsung merasakan adanya hubungan antara stress dengan tekanan darah tinggi, yang sering diberi tanda dengan tendensi mempunyai tekanan darah tinggi.

Bagaimanapun pernyataan tersebut benar bahwa tekanan darah akan naik ketika ada tekanan atau sewaktu ada emosi. Namun, tidak ada data menyatakan bahwa stress menyebabkan meningkatnya secara langsung tekanan darah tinggi yang disebut dengan Hypertensi.

Hal ini jangan dikatakan bahwa kita tidak akan mau bekerja yang berhubungan dengan stress dalam memenuhi kebutuhan hidup, karena akan menyebabkan gangguan emosi dan fisik.

Pada kenyataannya, siapa yang mempunyai tekanan darah tinggi pertama sekali akan mendapatkan keuntungan dari mempraktekkan teknik untuk lebih santai yang dapat membantu mereka untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang disebabkan stress.

Teknik relaksasi yang khusus seperti meditasi, yoga, dan tai chi dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, coba terus mengatasi stess yang dialami Anda setiap hari dengan berpatokan pada :

• Mengatur waktu Anda seefektif mungkin, dengan membuat urutan pekerjaan yang akan dilakukan sesuai prioritas kebutuhan.

• Delegasikan pekerjaan yang memang dapat dilakukan dan jangan takut untuk meminta bantuan bila Anda membutuhkannya.

• Pelihara tekanan darah dengan cara olah raga secara teratur, jalan pagi atau sore, senam, berenang, dll.

• Berhenti sejenak beberapa saat setiap bekerja untuk menghilangkan ketegangan dan meregangkan otot- otot.

• Bicarakan masalah anda pada teman dekat, ini mempermudah untuk merubah sikap yang akan dilakukan.

• Cari waktu yang baik untuk santai dengan membaca buku, mendengar musik dll.

• Sering tertawa dan mencoba diri Anda selalu lebih enjoy

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

• Kontrol berat badan;

• Kurangi jumlah minum-minuman yang mengandung alkohol;

• Kurangi garam :

– Sedikit menggunakan garam pada masakan.

– Hindari adanya botol garam pada meja makan.

– Hindari makan makanan yang asin.

– Pilih makanan yang segar, hindari kalengan, setengah matang, baca label makanan.

• Makan makanan yang kaya potasium (pisang, melon, jeruk, kentang, tomat)

• Jangan merokok.

• Olahraga selama 30 menit, 3 kali seminggu

• Sediakan waktu untuk santai.

http://askep-askeb-kita.blogspot.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: