6 Cara Usir Malas di Sore Hari

Terkadang rasa malas datang mengampiri, padahal tugas harus diselesaikan hari ini. Usir rasa malas itu dengan 6 hal berikut. Dikutip dari Health, ini dia 6 hal yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa malas di sore hari.
1. Minum air putih dan makan camilan
Untuk itu, peneliti pun menyarankan agar segera minum air putih, karena lemah adalah tanda-tanda dehidrasi. Kekurangan cairan diketahui bisa menurunkan kemampuan otak dan membuat rasa ngantuk dan tidak bersemangat. Oleh karena itu, berikan asupan air yang cukup untuk tubuh setidaknya 2 liter dalam sehari. Jika itu tidak berguna, cobalah makan beberapa makanan penambah energi seperti camilan dari gandum atau cokelat hitam.

2. Minum kopi
Minum kopi di sore hari bisa mengaktifkan kembali stamina dan energi. Menurut para peneliti, minuman tanpa lemak ini bisa memicu hormon adrenalin yang akan menghilangkan rasa kantuk. Dalam Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry, kopi juga bisa sebagai menghilangkan rasa sakit, memunculkan perasaan segar, sedikit gembira, dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang menghasilkan energi ekstra.

3. Berkeliling di ruangan
Anda bisa meningkatkan energi sebanyak 20 persen hanya dengan melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki dan berkeliling di ruangan jika Anda sedang di tempat kerja. Peneliti dari University of Georgia mengatakan bahwa kerja dalam keadaan terang juga bisa menghilangkan rasa lelah hingga 65 persen.

4. Lihatlah benda berwarna
Melihat benda-benda yang berwarna adalah terapi bagi mata yang bisa meningkatkan saraf-saraf di mata dan otak untuk terus aktif dan bekerja. Lihatlah warna kuning, hijau, biru atau merah untuk menghilangkan rasa letih.

5. Lakukan yoga
Peneliti dari University of New Mexico and Ohio State mengatakan bahwa yoga bukan hanya akan menenangkan pikiran, tapi juga akan membuat otak lebih sadar dan aktif karena aliran oksigen ke otak lebih lancar. Yoga juga diketahui bisa menghilangkan gejala asma, sakit punggung dan arthritis. Yoga membuat hormon oxytocin yaitu hormon yang terkait dengan rasa santai dilepaskan sehingga orang yang melakukan yoga akan memiliki pembawaan yang lebih tenang dan terarah.

6. Keluar dan cari sinar matahari
Kurang cahaya matahari bisa membuat tubuh menjadi lemah, letih dan lesu. Cahaya matahari akan meningkatkan kerja hormon serotonin dalam tubuh yang akan melancarkan aliran metabolisme dalam darah. Peneliti dari University of Michigan School of Public Health pun menganjurkan setidaknya dalam sehari tubuh harus terkena sinar matahari selama 30 menit untuk mencegah hiperte

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: